Selasa, 02 Maret 2010

belajar dari sakit mata

Kita bertiga, bapak - ibu - Azri, lagi dikasih rejeki berupa datengnya virus dimata alias sakit mata. Bermula dari bapak yang teluran sakit mata dari mas Ghassan, senin pagi mata bapak dah merah tapi tetep masuk kantor karena ada beberapa tugas yang harus diselesaikan berkaitan dgn end of month. Hari senin itu ibu langsung perventif untuk Azri dan ibu, contohnya bantal yang dipake bapak langsung dipisahkan. Sampe senin malam masih aman....

Menjelang bangun hari selasa pagi, mata ibu dah susah dibuka, kotorannya banyak banget. Waduhh... bener aja ternyata matanya dah 'agak' merah. Azri bangun kucek2 matanya tapi lom merah. Langsung telp ke salah satu apotik yang dah kenal baik, untuk tanya-tanya gimana penanganannya, terutama untuk Azri. Katanya ditetesin obat mata yang biasa dipake & jangan dikucek-kucek. Tapi kepala ibu udah pusing banget, mata kanannya juga sakit dibagian kelopaknya dan setelah telp ke bossnya bapak, akhirnya bapak boleh ijin ga masuk.

Jam sembilan pagi, Azri minta nenen trs bobo, wah lumayan nih.. bisa ikutan bobo juga
Jam satu siang Azri baru bangun, tapi.... Ya Allah.... matanya susah dibuka... belekannya buanyaaakkkkk banget.... Bapak suruh ibu untuk telp ke RS. Bunda untuk tanya ke dr. spesialis mata untuk anak aja, tapi ternyata ga ada... Dan dijelaskan sama suster disana untuk dibawa ke RS. Jakarta Eye Center aja, disana ada dr. spesialis mata untuk anak. Dan berangkatlah siang itu kita bertiga ke JEC. Sampe sana bapak bilang, ' dah semuanya aja periksa deh...' ya udah daftarlah ibu untuk kita bertiga. Dan dirujuk untuk ketemu sama dr. Gusti.

Alhamdulillah, dr. Gusti nya baik, komunikatif dan mau menjelaskan bbrp perihal ttg sakit mata, diantaranya :
  • Rajin-rajinlah untuk cuci tangan. Karena dari kontak tanganlah virus cepet berpindah. Jadi bukan kita ga boleh berpandangan dengan yang sakit mata (kata dokternya, kalo ga boleh saling berpandangan, dokter mata gimana periksa yang sakit mata? atau dokter mata akan sering kena sakit mata donk... halah.. pak dokter bisa aja kasih contohnya, tapi bener juga c...).
  • Memang kontak mata atau pemakaian bantal yang berganti dgn org yg lagi sakit mata bisa menularkan tapi tetap yang utama dari adanya kontak tangan. Karena bisa jadi dari tangan terus akan kucek matanya.
  • Kalo mata sudah terasa gatal, kompres dengan air dingin atau es batu juga boleh bukan dengan AIR HANGAT, karena jika ada pembuluh darah yang terkoyah akibat dikucek-kucek dan terjadi pendarahan, dengan dikompres air hangan maka pendarahannya akan semakin membesar (ini terjadi dengan bapaknya Azri)
Masing-masing dari kami dapet obat tetes yang harganya lumayan juga (untung semua diganti kantor), dan Azri dapet obat tetes & salep mata juga, jangan tanya gimana susahnya tetesinnya ke Azri... susahhhhhhh.... tapi semalem menjelang tidur, matanya dikasih salep bisa dengan sedikit pemaksaan dari ibu bapak. Alhamdulillah Rabu pagi ini mata Azri dah ga terlalu merah cuma masih sembab... kasian banget deh lihat Azri kayak gini.. Tapi aktivitas mah masih biasa, lari sana sini ga mo diam...

Ga apa-apa ya sayang... sekarang lagi dikasih rejeki sakit mata... mudah-mudahan cepet sembuh ya sayang... Hari jum'at kita berangkat ke Jogja Azri sudah sehat...
Sabar ya sayang.... mmmuuuaaahhhh....


Tidak ada komentar:

Lilypie 2nd Birthday PicLilypie 2nd Birthday Ticker